|

AMD Ungkap Lebih Detail Tentang FidelityFX Super Resolution 3 Fluid Motion

Selama presentasinya di Gamescom, AMD juga memberikan wawasan lebih lanjut mengenai fitur FidelityFX Super Resolution 3 (FSR 3) Fluid Motion yang akan datang dan kemajuan lainnya dalam GPU Radeon dan gaming secara keseluruhan.

Meskipun antisipasi terhadap FSR 3 telah meningkat sejak pengumuman awal pada November 2022, AMD belum memberikan tanggal rilis pasti. Perkiraan saat ini adalah bahwa FSR 3 akan diluncurkan pada “awal musim gugur”, kemungkinan pada awal September.

Cek juga : Radeon RX 7800 XT & Radeon RX 7700 XT Resmi Diumumkan

Hanya saja, AMD mengklarifikasi bahwa Starfield bukanlah judul peluncuran FSR 3 pertama mereka. Presentasi tersebut tidak menyertakan Starfield sebagai game yang akan mendukung FSR 3, dan Bethesda tidak terdaftar sebagai partner untuk fitur ini.

Sebaliknya, Forspoken dan Immortals of Aveum ditetapkan menjadi penerima awal FSR 3. Berita ini mungkin mengejutkan, mengingat Starfield adalah judul sponsor utama untuk AMD. Namun, FSR 3 akan diintegrasikan ke dalam Cyberpunk 2077, hal ini penting mengingat peluncuran ekspansi game yang akan datang, Phantom Liberty.

AMD FSR 3

Detail yang diberikan tentang FSR 3 dalam presentasi ini sebagian besar sejalan dengan klaim AMD sebelumnya. Demonstrasi tersebut memamerkan teknologi pembuatan bingkai yang diharapkan, yang secara kasar menggandakan kecepatan frame sekaligus memberikan peningkatan kehalusan yang nyata. Teknologi ini, yang disebut sebagai “Fluid Motion Frames”, menggunakan interpolasi bingkai dan vektor gerak untuk menghasilkan bingkai tambahan ini, serupa dengan pendekatan DLSS 3.

Yang membedakan FSR 3 dari DLSS 3 adalah dukungan perangkat kerasnya. FSR 3 akan dapat diakses oleh sebagian besar kartu grafis, termasuk yang berbasis arsitektur RDNA1 dan berbagai solusi pesaing, termasuk kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 20, 30, dan 40 Series.

Namun, AMD menyarankan kalau FSR 3 lebih dioptimalkan untuk arsitektur yang lebih baru seperti RDNA2 dan RDNA3, yang berpotensi menunjukkan kinerja suboptimal pada kartu lama. Apakah FSR 3 akan berfungsi pada GPU yang tidak disebutkan secara eksplisit dalam daftar yang didukung masih belum pasti. Beberapa GPU lama mungkin tidak memiliki fungsionalitas penting yang dibutuhkan FSR 3, sehingga mungkin ada keterbatasan pada kompatibilitasnya dengan fitur ini.

Similar Posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments