| |

Antara Headphone, Headset & Earphone, Bedanya Apa Sih?

Suka ada banyak pertanyaan nih tentang perbedaan antara Headset, Headphone dan Earphone. Fungsi semua perangkat tersebut pastinya sama, tapi apa sih esensi dari perbedaan ketiga perangkat audio ini?

Pasti udah banyak yang tahu, tapi enggak sedikit pula yang kurang mengerti.

Cek juga : MSI Debut VGA Baru Radeon RX 6400 AERO ITX

Ok, antara Headset, Headphone dan Earphone sebenernya punya fungsi dan tata letak yang sedikit berbeda. Headphone dan earphone punya fondasi yang sama dari fungsi, sedangkan Headset punya fitur tambahan.

Nah, Headphone itu sendiri punya bentuk yang sama dengan Headset, fungsinya juga sama. Kedua perangkat ini sama-sama menutupi telinga dengan earcup yang lebih besar. Tapi apa yang membedakannya itu kalau Headset punya alat tambahan untuk komunikasi , sedangkan Headphone itu hanya untuk mendengarkan audio saja.

Pengguna yang ingin lebih interaktif berkomunikasi seperti saat bermain game tentu bisa diuntungkan dengan kehadiran Headset. Sedangkan Headphone lebih nyaman buat mereka yang ingin sepenuhnya mendengarkan audio seperti musik tanpa harus khawatir dari gangguan diluar.

Kalo earphone itu ukurannya lebih kecil, bahkan hanya pas di bagian saluran telinga. Jadi tidak seperti headphone atau headset yang punya earcup besar, Earphone itu lebih pas di bagian tengah telinga.

Kalo urusan nyamannya itu relatif, cuma nilai plus dari perangkat ini adalah dukungan mobilitas yang lebih baik. Enggak ribet gituh saat dibawa pergi karena kecil dan lebih pas di kantong tanpa harus memakan ruang banyak.

Sedangkan kualitas audio juga sebenernya relatif, cuma biasanya Headphone atau headset punya kualitas lebih baik ketika melihat ukuran yang ditawarkan.

Gimana dengan harga? Kami rasa itu juga relatif, murah atau mahalnya tergantung dari merk dan kualitas speaker yang ditawarkan.

Udah bisa dimengerti? Semoga ya tutorial singkat ini bisa memberikan manfaat lain buat temen-temen.

Similar Posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments