|

Intel 300 Raptor Lake Refresh, Budget Dual Core CPU 14th Gen

Sebuah konsorsium outlet hardware ternama di Jepang baru-baru ini menguji prosesor desktop terbaru Intel Raptor Lake Refresh, dan penemuan mereka diungkapkan dalam video YouTube yang penuh wawasan.

Sebagai bagian dari uji lab PAD, CPU Intel 300 menjadi pusat perhatian, diposisikan sebagai penerus prosesor Pentium Gold G7400 yang sudah pensiun. Model generasi ke-14 ini hadir di tengah perubahan dalam jajaran produk Intel, mengucapkan selamat tinggal kepada merek Pentium dan Celeron di “ruang produk penting” pada tahun 2022, membuka jalan bagi “Prosesor Intel” yang disederhanakan dalam skema warna biru muda yang berbeda.

Fitur Utama dan Kesan Awal

Meskipun terdapat ekspektasi sederhana terhadap CPU dua-core dan 4-thread dalam lanskap komputasi kontemporer, Intel 300, terkadang dianggap sebagai bagian dari Alder Lake, muncul bersama prosesor Raptor Lake Refresh lainnya.

Intel 300 Raptor Lake Refresh, Budget Dual Core CPU 14th Gen

Menampilkan dua P-core Raptor Cove dengan kemampuan hyper-threading, CPU ini menawarkan kinerja dasar yang memiliki clock 3,9 GHz, tanpa ketentuan overclocking. Spesifikasi tambahannya mencakup TDP 46 W dan cache L3 6 MB (3 MB pada setiap inti).

Wawasan Kinerja

Dalam perbandingan head-to-head dengan CPU quad-core Core i3-14100, Intel 300 menghadapi lanskap yang menantang, tertinggal dalam benchmark sintetis. Pengujian PC Watch and Co. menunjukkan kesenjangan kinerja multi-core sebesar 55%, sementara kinerja single-threaded menunjukkan perbedaan sebesar 13% di Cinebench.

Intel 300 Raptor Lake Refresh, Budget Dual Core CPU 14th Gen

Dalam hal gaming, penggemar mungkin menganggap Intel 300 kurang karena i3-14100 muncul sebagai pemenang yang ramah anggaran dalam benchmark game. Tom’s Hardware menyoroti keunggulan i3-14100 dengan jumlah inti dua kali lipat, cache dua kali lipat, dan frekuensi 20% lebih tinggi.

14100 secara konsisten memberikan pengalaman bermain game yang lebih mulus, mempertahankan framerate rendah 1% di atas 60 FPS. Sebaliknya, Intel 300 kesulitan untuk tetap berada di atas 60 FPS dalam kondisi yang sama.

Pendapat Ahli

PC Watch, yang terkenal dengan evaluasi perangkat kerasnya yang mendalam, mencatat penambahan banyak model baru dengan peningkatan kinerja biaya dalam jajaran CPU terbaru Intel. Intel 300, yang diposisikan sebagai model entri baru menggantikan Pentium/Celeron, akan dievaluasi secara menyeluruh bersama prosesor generasi ke-14 lainnya.

Similar Posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments