|

Broadcom Rilis Trident 5-X12: Integrasi AI Dalam Ethernet Switching

Sebagai langkah signifikan menuju integrasi AI dalam infrastruktur jaringan, Broadcom baru saja memperkenalkan Trident 5-X12, silikon switching Ethernet terbaru.

Inovasi ini tidak hanya menghadirkan bandwidth besar sebesar 16 Tb/s, menggandakan kemampuan pendahulunya, namun juga memperkenalkan dukungan untuk port 800G berkecepatan tinggi, sebuah fitur penting untuk konektivitas tanpa batas ke chip spine switch Tomahawk 5.

Cek juga : NVIDIA Segera Luncurkan GeForce RTX 4090 D: Dirancang untuk Pasar Tiongkok

Trident 5-X12 dirancang dengan mempertimbangkan kemampuan beradaptasi, menawarkan peningkatan dan pengoptimalan perangkat lunak untuk konfigurasi top-of-rack 1RU yang padat. Hal ini memungkinkan pengaturan yang mengesankan dengan port server downstream hingga 48x200G dan port fabric upstream 8x800G. Penambahan dukungan 800G difasilitasi oleh SerDes 100G-PAM4, memungkinkan pemanfaatan yang efisien baik tembaga terpasang langsung (DAC) dan optik linier hingga 4 meter.

Broadcom Rilis Trident 5-X12

Yang membedakan Trident 5-X12 bukan hanya kemampuan bandwidth dan kecepatannya. Broadcom telah memasukkan elemen pemrosesan kecerdasan buatan ke dalam chip, memperkenalkan mesin inferensi bernama NetGNT (Networking General-tujuan Neural-network Traffic-analyzer). Komponen AI ini dirancang untuk mengidentifikasi pola lalu lintas umum dan mengoptimalkan pergerakan data di seluruh chip.

Salah satu penerapan NetGNT yang menonjol adalah dalam menangani beban kerja AI dan pembelajaran mesin. Sistem ini melakukan analisis lalu lintas yang cerdas, khususnya mahir dalam menghindari kemacetan jaringan dalam skenario yang menuntut ini. Contoh ilustratif yang diberikan oleh Broadcom menunjukkan kemampuan NetGNT untuk mendeteksi pola “incast” secara real-time, di mana banyak aliran berkumpul secara bersamaan pada satu port. Dengan mengidentifikasi pola incast sejak dini, NetGNT dapat dengan cepat menerapkan teknik pengendalian kemacetan berbasis perangkat keras, mencegah penurunan kinerja tanpa menimbulkan latensi tambahan.

Trident 5-X12 dari Broadcom mewakili lompatan maju yang penting dalam integrasi kemampuan AI ke dalam chip jaringan, mengantarkan era baru efisiensi dan optimalisasi kinerja di bidang peralihan Ethernet.

Similar Posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments