|

CPU Intel Granite Rapids Xeon: Cache Besar Hingga 480MB

CPU Intel Xeon yang akan datang, dengan nama kode Granite Rapids, diharapkan menampilkan peningkatan signifikan dalam cache L3 dibandingkan pendahulunya.

Informasi terbaru dari keterangan rahasia @InstLatX64, yang disorot dalam pembaruan SDE 9.33.0, menunjukkan bahwa chip Granite Rapids terkemuka dapat menawarkan cache L3 sebesar 480MB, menandai peningkatan substansial sebesar 50% dibandingkan SKU Emerald Rapids kelas atas.

Cek juga : RTX 4070 SUPER MAXSUN Bawa Konektor Daya PCIe 8-pin Ganda

Signifikansi Peningkatan Cache

Granite Rapids diperkirakan menyediakan cache L3 hingga 480MB, peningkatan penting dibandingkan CPU Emerald Rapids, yang menampilkan cache L3 maksimum 320MB. Kapasitas cache yang ditingkatkan menempatkan Intel untuk bersaing secara lebih efektif dengan AMD di segmen server dan workstation kelas atas.

Prosesor AMD Genoa-X 3D V-Cache saat ini menawarkan cache L3 hingga 1.152 MB, menetapkan standar tinggi untuk kapasitas cache di pasar. Peningkatan cache Intel di Granite Rapids merupakan langkah strategis untuk mempersempit kesenjangan dan meningkatkan daya saing, terutama dalam beban kerja intensif memori.

Fitur Granit Rapids

Diperkirakan akan diluncurkan pada kuartal kedua tahun ini, CPU Granite Rapids akan secara eksklusif menampilkan inti Kinerja dan didasarkan pada platform Birch Stream. CPU ini akan meningkatkan jumlah core, kecepatan clock lebih tinggi, dan dukungan FP16 untuk meningkatkan presisi bagi pengembang AI.

Peningkatan Kinerja dan AI

Chip Granite Rapids Xeon diproyeksikan memberikan peningkatan 2,9x dalam inferensi AI (DeepMD+LAMMPS), peningkatan 2,8x dalam bandwidth memori, dan kinerja beban kerja AI hingga 3x lebih baik dibandingkan dengan CPU Sapphire Rapids Xeon.

Kemajuan ini bertujuan untuk memenuhi permintaan aplikasi dan beban kerja AI yang terus meningkat di pusat data dan lingkungan perusahaan.

Respon Kompetitif Intel

Peningkatan cache di Granite Rapids menunjukkan komitmen Intel untuk mempersempit kesenjangan kinerja dengan pesaing, khususnya dalam skenario di mana ukuran cache memainkan peran penting. Fokus pada peningkatan AI, peningkatan bandwidth memori, dan peningkatan kinerja secara keseluruhan sejalan dengan semakin besarnya penekanan industri pada aspek-aspek ini di pusat data dan lingkungan perusahaan.

Meskipun Intel telah mengetahui rencana untuk CPU dengan cache bertumpuk 3D di masa mendatang, terdapat ketidakpastian mengenai kapan chip ini akan tersedia di pasar. Keberhasilan Granite Rapids akan bergantung pada kinerja dunia nyata, harga, dan seberapa baik Granite Rapids memenuhi kebutuhan pusat data dan aplikasi komputasi berkinerja tinggi yang terus berkembang.

Similar Posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments