|

Intel Ungkap Arsitektur GPU Xe2 Generasi Berikutnya di Acara Lunar Lake

Pada pameran prosesor mobile baru Lunar Lake baru-baru ini, Intel mengungkapkan detail menarik tentang arsitektur GPU generasi berikutnya, dengan nama kode Xe2.

Desain yang diperbarui ini tidak hanya akan menggerakkan grafis terintegrasi dalam chip Lunar Lake tetapi juga memberi daya pada kartu grafis gaming diskret Intel “Battlemage” yang akan datang. Peningkatan yang paling menonjol adalah peningkatan kompatibilitas dengan game.

Cek juga: PC Berbasis Arm Siap Tantang Dominasi Prosesor x86

Dengan Xe2, Intel menyederhanakan branding GPU-nya, menjauh dari nomenklatur Xe-HPG dan Xe-LPG yang membingungkan. Xe2 mewakili arsitektur terpadu yang dapat diskalakan di seluruh rangkaian produk Intel, mulai dari prosesor laptop berdaya rendah hingga GPU desktop bertenaga.

Intel Ungkap Arsitektur GPU Xe2 Generasi Berikutnya di Acara Lunar Lake

Detail teknisnya telah mengalami pembaruan yang signifikan. GPU Xe2 dibuat dari “Render Slices”, yang masing-masing berisi empat “Xe-core”, yang masing-masing mencakup delapan “Mesin Vektor”. Prosesor mobile Lunar Lake, yang diharapkan akhir tahun ini, akan menampilkan delapan Xe-core. Untuk melihat sekilas apa yang mungkin ditawarkan Battlemage, pertimbangkan Arc A770 saat ini, yang menawarkan 32 Xe-core.

Lebih banyak core tidak selalu berarti kinerja yang lebih baik. Arsitektur Xe2 telah didesain ulang untuk meningkatkan kompatibilitas gaming, mengatasi kekurangan besar pada GPU Arc “Alchemist” Intel. Menurut Tom Petersen, juru bicara grafis Intel, “paling sering Anda akan melihat game langsung dijalankan” pada perangkat keras Xe2.

Pengalaman bermain game yang ditingkatkan ini merupakan hasil dari perbaikan kekurangan generasi sebelumnya, serta pembaruan seperti mengadopsi operasi vektor SIMD16 yang lebih efisien.

Intel Ungkap Arsitektur GPU Xe2 Generasi Berikutnya di Acara Lunar Lake

Hardware ray tracing juga telah ditingkatkan, seiring dengan peningkatan pada bayangan mesh, pemrosesan titik, dan throughput pengambilan sampel tekstur. Intel telah menyelaraskan perintah grafis Xe2 lebih dekat dengan ekspektasi mesin game modern.

Fitur Xe2 penting lainnya termasuk blok XMX baru yang menghadirkan 67 puncak INT8 TOPS untuk akselerasi komputasi AI. Mesin layar juga telah ditingkatkan, mendukung 8K60 HDR, output 1440p360, dan standar HDMI 2.1, DisplayPort 2.1, dan eDP 1.5 terbaru.

Perbaikan arsitektur ini menjanjikan peningkatan kinerja yang signifikan. Dibandingkan grafis Xe sebelumnya, Intel mengklaim peningkatan performa sebesar 50% pada tingkat daya yang sama.

CPU mobile Lunar Lake akan diluncurkan pada kuartal ketiga tahun ini, menawarkan cita rasa silikon Xe2 yang pertama. Sedangkan untuk GPU Battlemage diskrit, Intel belum menentukan tanggal rilis pastinya. Namun, dengan seri “Blackwell” RTX 50 generasi berikutnya dari NVIDIA, Intel kemungkinan besar ingin meluncurkan Battlemage lebih cepat.

Similar Posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments