| |

Keyboard Mekanis vs Membran : Keuntungan & Kekurangannya

Keyboard Mekanis (sering juga disebut mechanical keyboard) dan Keyboard Non-Mekanik (sering disebut sebagai keyboard membran) merupakan dua jenis keyboard komputer yang berbeda. Kedua perangkat ini masing-masing memiliki serangkaian fitur, kelebihan, dan kekurangannya sendiri.

Jadi, mari kita bandingkan perbedaan antara Keyboard Mekanis dan Keyboard membran gambaran singkatnya dibawah ini.

Cek juga : Hal Yang Perlu Diketahui : Istilah Casing PC & Fungsinya

1. Keyboard Mekanik

Keyboard Mekanis vs Membran : Keuntungan & Kekurangannya

Sakelar Kunci

Keyboard mekanis menggunakan sakelar mekanis individual untuk setiap tombol. Sakelar ini terdiri dari beberapa komponen, termasuk mekanisme sakelar fisik dan pegas. Ada berbagai jenis sakelar mekanis (mis., Cherry MX, Razer, dll.), Masing-masing dengan karakteristik berbeda seperti gaya aktuasi, umpan balik taktil, dan tingkat kebisingan.

Umpan Balik Taktil

Keyboard mekanis sering kali memberikan umpan balik taktil, yang berarti Anda dapat merasakan benturan fisik saat tombol digerakkan. Ini dapat meningkatkan akurasi dan kenyamanan pengetikan bagi sebagian pengguna.

Daya tahan

Sakelar mekanis umumnya lebih tahan lama dan tahan lama dibandingkan dengan sakelar membran. Mereka dinilai untuk sejumlah penekanan tombol (biasanya dalam jutaan) sebelum mulai aus.

Fitur Kustomisasi Keycaps

Banyak keyboard mekanis menawarkan kemampuan untuk menyesuaikan keycaps dan bahkan beralih jenis. Ini memungkinkan pengguna untuk membuat pengalaman keyboard yang disesuaikan dengan preferensi mereka.

Pengalaman Mengetik

Keyboard mekanis sering disukai oleh para penggemar, pemrogram, dan pemain game karena umpan balik taktil dan pengalaman mengetik keseluruhan yang mereka berikan.

Tingkat Kebisingan

Keyboard mekanis bisa lebih berisik dibandingkan dengan keyboard membran, terutama jika keyboard tersebut menggunakan sakelar dengan umpan balik klik yang dapat didengar. Namun, tersedia juga sakelar mekanis yang lebih senyap.

1. Keyboard Non-Mekanis (Membran)

Keyboard Mekanis vs Membran : Keuntungan & Kekurangannya

Sakelar Kunci

Keyboard non-mekanis menggunakan sakelar berbasis membran, yang terdiri dari dua membran plastik dengan jejak konduktif yang melakukan kontak saat tombol ditekan.

Umpan Balik Taktil

Keyboard membran mungkin tidak memiliki umpan balik taktil yang berbeda dari keyboard mekanis. Beberapa papan ketik membran mungkin terasa lebih lembut atau lembek saat mengetik.

Ketahanan

Keyboard membran umumnya kurang tahan lama dibandingkan keyboard mekanis dan dapat aus seiring waktu, terutama dengan penggunaan yang berat.

Biaya

Keyboard membran seringkali lebih terjangkau daripada keyboard mekanis, menjadikannya pilihan yang ramah anggaran.

Tingkat Kebisingan

Keyboard membran biasanya lebih senyap daripada keyboard mekanis, yang dapat bermanfaat di lingkungan yang lebih sunyi.

Pengalaman Mengetik

Meskipun beberapa pengguna mungkin menganggap keyboard membran nyaman, terutama untuk penggunaan biasa, mereka mungkin tidak memberikan tingkat kepuasan yang sama seperti keyboard mekanis untuk juru ketik atau pemain game berat.

Kesimpulan

Singkatnya, pilihan antara keyboard mekanis dan keyboard non-mekanis (membran) bergantung pada preferensi pribadi, kebiasaan mengetik, dan tujuan penggunaan kalian. Keyboard mekanis cenderung menawarkan pengalaman yang lebih taktil dan dapat disesuaikan dengan peningkatan daya tahan, tetapi harganya bisa lebih mahal dan lebih berisik. Keyboard membran sering kali lebih ramah anggaran dan lebih senyap, tetapi mungkin tidak memberikan tingkat umpan balik taktil dan daya tahan yang sama seperti keyboard mekanis.

Similar Posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments