| |

Maksud sRGB di Monitor itu Apa Sih? Begini Penjelasan Singkatnya

Salah satu hal penting saat mencari monitor yang baik itu biasanya juga dilihat dari batasan warna sRGB. Suka ada banyak pertanyaan, maksudnya apa sih istilah tersebut?

Istilah resmi buat sRGB adalah ruang warna RGB standar (merah, hijau, biru) atau istilah formalnya sebagai standard Red Green Blue yang mengacu biasanya untuk display monitor dengan perwakilan setiap piksel terdiri dari trio titik merah, hijau dan biru.

Cek juga : ASUS TUF Gaming GeForce RTX 3050 Jadi Yang Pertama Dukung RGB Lighting

Dulunya ini dibuat oleh HP dan Microsoft pada tahun 1996 silam sebagai acuan untuk digunakan pada monitor, printer, dan World Wide Web. Dan biasanya, ada batasan standar warna sRGB dasar yang bisa merefleksikan kondisi tampilan gambar yang hadir dilayar sesuai dengan warna asli, penetapannya adalah 100%.

Monitor yang memiliki indikasi warna sRGB jumlah tersebut biasanya suka dijadikan patokan misalnya bagi fotografer atau editor untuk bisa menyesuaikan warna dalam monitor dengan gambar atau video asli.

Kurang dari 100% tentu warna yang dihasilkan agak hambar, sedangkan kelebihan sRGb seolah-olah warna yang hadir terlalu banyak efek. Tapi bukan itu menjadi sesuatu yang buruk. Penggunaan skenario dan manfaat bagi tiap orang pasti berbeda.

Gamer yang lebih suka tampilan efek tertentu bisa menyukai opsi monitor dengan nilai sRGB diatas 100%. Mereka yang terbatas dengan budget dan pengen tampilan biasa, maka monitor dengan standar warna dibawah 100% tentu sudah mencukupi.

Tapi sekali lagi, akurasi warna 100% dari nilai sRGB bakal jadi patokan tentang seberapa baik monitor ini bisa merefleksikan bagaimana warna lingkungan nyata bakal sama dengan apa yang dilihat di monitor.

Sudah bisa dimengerti temen-temen? Setidaknya sekilas tutorial kali ini bisa menambah pengetahuan kalian tentang apa yang bisa ditawarkan monitor, khususnya dalam batasan warna sRGB.

Meskipun enggak semua diungkap, tapi yang pasti kami harap bisa memberikan manfaat tersendiri ya. Apalagi buat kalangan konten kreator yang butuh nilai akurasi tinggi untuk perangkat yang satu ini.

Similar Posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments