|

Selain Boosting Performa, DLSS 3 Diklaim Jaga Suhu & Konsumsi Daya Lebih Efektif

Teknologi NVIDIA Deep Learning super sampling (DLSS) kini resmi menginjak generasi ke-3. Meskipun, DLSS 3 hanya bisa bekerja dengan GPU terbaru RTX 40 Series.

Nah, generasi terbaru DLSS 3 dikatakan kini membawa Optical Multi Frame Generation yang diklaim mampu meningkatkan kinerja dengan menggunakan AI untuk menghasilkan lebih banyak framerate.

Cek juga : NVIDIA GeForce RTX 4090 & RTX 4080 Resmi Diumumkan

Teknologi ini menganalisis frame sekuensial dan data gerakan dari Optical Flow Accelerator baru di GPU GeForce RTX 40 Series untuk membuat frame tambahan berkualitas tinggi.

Menariknya, selain boosting performa yang jauh lebih baik, namun teknologi ini juga berdampak positif dari konsumsi energi dan suhu.

Sebagai contoh, demo terbaru RTX 4090 di game Cyberpunk 2077 resolusi 1440p tanpa DLSS max setting (Ray tracing ultra), GPU ini hanya mampu menghasilkkan sekitar 60fps. Dan ketika DLSS 3 aktif dengan mode Quality, framerate bisa berjalan hingga 3 kali lipat dengan fps rata-rata 171.

Metrik lain yang menjanjikan adalah overclocking. Jadi ketika pengguna mengatur kecepatan tinggi (bahkan klaim hingga 3 Ghz), hadirnya DLSS 3 bisa menjaga suhu 4090 di bawah 53C selama demo.

Selanjutnya, DLSS 3 tampaknya menurunkan watt sebanyak 25 persen. Desas-desus awal pengguna khawatir kalau RTX 4090 dapat memakan hingga 600W. Namun, Nvidia mengonfirmasi bahwa itu hanya membutuhkan 450W. Hadirnya teknologi DLSS 3 kini sanggup memotong 110W dari angka itu dengan daya hingga 340 Watt saja.

GPU baru GeForce RTX 40 series dan dukungan teknologi canggih seperti DLSS 3 tampaknya bisa menutupi banyak kekhawatiran pengguna. Meskipun hanya terbatas untuk seri terbaru, namun nantinya bakal ada lebih banyak game yang mendukung DLSS 3, seperti Cyberpunk, A Plague Gale: Requiem, Microsoft Flight Simulator, atau Spider-Man Remastered. Itu juga dapat meningkatkan potensi overclocking dengan menjaga agar GPU Lovelace tetap dingin.

Similar Posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments