| |

Analisis Pasar Memori: Harga DRAM dan NAND Naik Drastis Di Tahun 2024

Dalam analisis terbaru yang dilakukan oleh TrendForce, pembalikan penting dalam penurunan harga kontrak DRAM (Dynamic Random Access Memory) telah diamati setelah penurunan selama delapan kuartal berturut-turut, menandai perubahan positif di pasar memori.

Demikian pula, harga NAND Flash kembali pulih pada 3Q23 setelah mengalami penurunan selama empat kuartal. Lintasan harga memori pada tahun 2024 diperkirakan akan dipengaruhi oleh tingkat pemanfaatan kapasitas pemasok.

Cek juga : GALAX Rilis GeForce RTX 4070 SUPER Hall of Fame OC LAB Master Edition

Menurut Avril Wu, Wakil Presiden Riset Senior di TrendForce, kuartal pertama tahun 2024 menunjukkan musim pertumbuhan. Proyeksi awal TrendForce memperkirakan kenaikan kuartal-ke-kuartal (QoQ) sekitar 13-18% untuk harga kontrak DRAM dan kenaikan 18-23% untuk harga kontrak NAND Flash. Meskipun prospek permintaan pasar secara keseluruhan relatif konservatif pada 2Q24, pemasok di pasar DRAM dan NAND Flash telah meningkatkan tingkat pemanfaatan kapasitas mereka sejak akhir 4Q23.

Untuk mengantisipasi upaya penyetokan ulang inventaris oleh pembeli NAND Flash pada 1Q24, dan dengan kenaikan tingkat pemanfaatan kapasitas, kenaikan harga QoQ yang lebih moderat diperkirakan sebesar 3-8% untuk harga kontrak DRAM dan NAND Flash pada 2Q24.

Analisis Pasar Memori: Harga DRAM dan NAND Naik Drastis Di Tahun 2024

Memasuki 3Q24, musim puncak yang biasanya diperkirakan akan membawa peningkatan aktivitas dari Penyedia Layanan Cloud Amerika Utara (CSP) yang melakukan penyetokan ulang komponen-komponen utama.

Jika pemasok mempertahankan tingkat pemanfaatan kapasitas di bawah 100%, harga kontrak DRAM dan NAND Flash dapat mengalami peningkatan QoQ yang lebih luas sebesar 8-13%. Meningkatnya tingkat penetrasi DDR5 dan HBM (High Bandwidth Memory) di pasar DRAM diperkirakan akan berkontribusi pada peningkatan Harga Jual Rata-Rata (ASP) secara keseluruhan.

Menjelang 4Q24, kenaikan harga secara umum diperkirakan akan terus berlanjut jika pemasok mengendalikan produksi secara efektif. Harga kontrak DRAM diperkirakan akan meningkat sekitar 8-13% QoQ, terutama dipengaruhi oleh meningkatnya penetrasi pasar produk DDR5 dan HBM.

Namun, penting untuk dicatat bahwa peningkatan ini mungkin berbeda untuk masing-masing produk atau tipe, seperti DDR5, di mana penurunan QoQ dapat terjadi. Hal ini menunjukkan bahwa kenaikan harga kontrak DRAM secara keseluruhan pada tahun 2024 mencerminkan perubahan dalam bauran produk, bukan kenaikan seragam di semua jenis chip DRAM. Untuk produk NAND Flash, peningkatan QoQ yang lebih rendah diperkirakan sebesar 0-5% pada 4Q24.

Singkatnya, pasar memori mengalami tren positif, dengan ekspektasi kenaikan harga kontrak DRAM dan NAND Flash sepanjang tahun 2024. Dinamika pasar akan dibentuk oleh strategi pemanfaatan kapasitas pemasok, pola permintaan industri, dan lanskap yang terus berkembang. teknologi memori.

Similar Posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments