|

AMD Radeon RX 8000 RDNA 4 Series Kabarnya Segera Menanti

Seri AMD Radeon RX 8000 tampaknya akan segera hadir, karena tim driver perusahaan merilis serangkaian patch kernel Linux yang memungkinkan blok IP utama yang terkait dengan arsitektur RDNA 4 yang akan datang.

Pembaruan bertahap ini mengikuti strategi AMD dalam mengaktifkan driver komponen demi komponen, memberikan gambaran sekilas tentang kemajuan yang dibuat untuk prosesor grafis generasi berikutnya.

Cek juga : NVIDIA Rilis Driver Hotfix GeForce 551.46 untuk Atasi Masalah Stuttering

Patch kernel Linux terbaru mengungkap peningkatan blok IP penting yang penting untuk pengoperasian prosesor grafis, mungkin berbasis RDNA 4. Komponen yang diaktifkan meliputi:

  • ATHUB 4.1: Memungkinkan kemampuan clock-gating dan manajemen daya untuk meningkatkan efisiensi energi.
  • LSDMA 7.0: Pembaruan Light SDMA 7.0, penting untuk pengoperasian Sistem DMA tujuan umum dalam GPU.
  • IH 7.0: Peningkatan pada Interrupt Handler, mungkin disesuaikan untuk peningkatan terkait RDNA 4.
  • HDP 7.0: Meningkatkan Jalur Data Host, penting untuk akses CPU ke memori perangkat GPU melalui PCIe BAR.

Peningkatan versi substansial untuk blok IP ini sangat menunjukkan hubungannya dengan arsitektur grafis RDNA 4, yang mengisyaratkan peluncuran seri Radeon RX 8000 yang akan datang. Peluncuran bertahap ini selaras dengan pendekatan AMD terhadap pembaruan khusus komponen dalam driver grafis Linux open-source untuk arsitektur GPU baru.

Bersamaan dengan patch kernel Linux ini, AMD telah secara aktif berupaya mengaktifkan GFX1200 di LLVM, kemungkinan mengacu pada prosesor grafis RDNA 4. Upaya terkoordinasi ini semakin memperkuat kedekatan peluncuran seri Radeon RX 8000.

Waktu pengiriman seri patch ini menunjukkan keselarasan mereka dengan jendela penggabungan Linux 6.9, yang diperkirakan akan menghasilkan rilis stabil pada pertengahan tahun. Seiring AMD melanjutkan pembaruan bertahapnya, seri Radeon RX 8000 semakin dekat dengan debut resminya, siap untuk menggantikan keluarga Radeon RX 7000.

Pengaktifan strategis AMD terhadap blok IP RDNA 4 melalui patch kernel Linux menjadikan seri Radeon RX 8000 sebagai fokus. Dengan peningkatan yang menjanjikan pada komponen-komponen penting, arsitektur RDNA 4 menetapkan landasan untuk peningkatan efisiensi energi dan kinerja.

Similar Posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments