|

Galax Luncurkan GeForce RTX 4060 Ti Single-Slot

Dalam dunia GPU berperforma tinggi, kartu slot tunggal jarang ditemukan, terutama saat pengguna menginginkan tangga performa. Oktober lalu sempat heboh soal bocoran kartu grafis blower GeForce RTX 4060 Ti 16GB slot tunggal, dan kini sudah resmi meluncur ke pasaran. Tinjauan mendetail oleh situs teknologi Tiongkok EXP Review menyoroti GPU ramping unik yang diproduksi oleh Galax.

Cek juga: Sony Siap Rilis Ghost of Tsushima Untuk PC, Tingkatkan Permainan Lintas Platform

RTX 4060 Ti slot tunggal ini, seperti yang ditunjukkan dalam tweet terbaru dari EXP Review, mengemas daya yang besar dalam bentuk yang ringkas. Desain ramping ini menargetkan pengguna yang membutuhkan GPU bertenaga namun memiliki ruang terbatas, seperti PC dengan faktor bentuk kecil atau rakitan kompak khusus.

Kartu grafis tersebut, yang mengikuti spesifikasi referensi Nvidia, menawarkan boost clock 2.535 MHz. Ini dibandingkan dengan model yang sedikit lebih cepat seperti model iGame OC dan varian Gigabyte yang menampilkan sedikit overclock pabrik. Meskipun ukurannya kompak, performa model Galax mampu bertahan dengan baik dibandingkan kompetitor yang lebih besar, menunjukkan efisiensi pendinginannya meskipun desain slot tunggalnya terbatas.

Galax Luncurkan GeForce RTX 4060 Ti Single-Slot

Namun, tidak semuanya berjalan mulus. Tinjauan tersebut menyoroti kebisingan sebagai kelemahan signifikan, dengan kipas mencapai hingga 51,4 dBA. Tingkat kebisingan ini jauh lebih tinggi dibandingkan model lainnya, seperti Nvidia’s Founders Edition dan model iGame yang lebih tebal, yang masing-masing tercatat jauh lebih senyap pada 28,4 dBA dan 32,2 dBA. Bagi pengguna yang sensitif terhadap kebisingan, hal ini berpotensi menjadi pemecah masalah.

Desain termal kartu ini sangat inovatif. Dengan PCB panjang dan modul termal logam persegi panjang unik yang dilengkapi kipas bergaya laptop dan trio busur potongan, jelas bahwa Galax telah banyak memikirkan untuk memaksimalkan efisiensi pendinginan dalam ruang terbatas pada kartu slot tunggal. Terlepas dari upaya-upaya ini, desain ramping ini mampu mencapai suhu GPU maksimum sebesar 69,5°C dan suhu hotspot sebesar 81,9°C saat beban penuh, yang merupakan angka yang dapat diterima untuk kartu kompak semacam itu.

Dimensi fisik kartu ini menonjol pada 280 x 126 x 20 mm, membuktikan bahwa GPU berperforma tinggi memang bisa hadir dalam paket yang sangat ramping. Hal ini menjadikan RTX 4060 Ti dari Galax pilihan menarik untuk bangunan yang membutuhkan ruang mahal.

Secara keseluruhan, meskipun GeForce RTX 4060 Ti slot tunggal dari Galax menawarkan kinerja solid yang selaras dengan model RTX 4060 Ti standar, peningkatan tingkat kebisingan mungkin menjadi pertimbangan penting bagi calon pembeli. Produk ini melayani ceruk pasar yang menghargai ukuran ringkas dibandingkan kenyamanan akustik, menjadikannya produk tambahan yang terspesialisasi namun penting bagi pasar GPU.

Similar Posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments