|

Kunci Untuk Merakit PC, Pahami Dulu Sebelum Pergi

Gimana sih cara untuk merakit PC? enggak semua orang tau cara untuk melakukan hal tersebut, namun ada beberapa kunci yang setidaknya bisa membuat proses ini bisa semakin mudah.

Mau tau lebih? simak selengkapnya dibawah ini.

Cek juga : Mau Rakit PC, Tapi Harga VGA Masih Selangit? Berikut Jalan Alternatifnya

  1. Pahami Dulu Komponen Inti

Kunci pertama untuk merakit PC itu pahami dulu komponen inti. Maksud dari komponen inti itu tentang bagaimana komponen bisa bekerja utuh. Seperti sistem setidaknya bakal ada tampilan di monitor saat pertama kali dinyalakan. Jadi, ini bisa jadi bagian penting yang jangan sampai kamu lewatkan saat akan membangun PC impian.

Rakit pC

Contoh komponen Inti : Image credit Newegg

Beberapa komponen yang wajib ada di PC itu biasanya :

  • Prosesor : main brain yang akan memberikan instruksi setiap perintah, termasuk melakukan pekerjaan paling besar untuk setiap keputusan yang dilakukan pengguna.
  • Motherboard : rumah bagi setiap komponen yang nantinya akan terhubung satu sama lain. Seperti tempat untuk menaruh RAM, CPU, grafis dan sebagainya.
  • GPU : Menampilkan visual gambar yang akan hadir depan monitor. Bisa hadir lewat integrated yang dibawa bersama prosesor utama atau external grafis.
  • RAM : sistem penyimpanan sementara yang akan menampung informasi jangka pendek dari setiap aplikasi yang akan dijalankan sistem, seperti memuat aplikasi, jelajah internet atau memainkan game.
  • Storage : Tempat untuk menyimpan data secara permanen, seperti aplikasi OS, game dan sebagainya. Bentuknya bisa SSD atau standar HDD.
  • CPU Cooler : Pendingin khusus untuk CPU.
  • PSU : istilah panjangnya yaitu Power Supply Unit, dimana perangkat ini akan mengalirkan kelistrikan ke setiap komponen supaya bisa benar-benar bekerja.
  • Casing PC : Rumah untuk menampung semua komponen dalam satu paket, entah kotak kecil, besar dan sebagainya.
  • Monitor : Display utama untuk menampilkan tampilan visual. Biasanya terhubung melakui GPU.
  1. Cek Kompabilitas

Setelah kalian paham dengan komponen inti yang diperlukan untuk merakit PC, kunci lain yang sama pentingnya adalah kompabilitas. Maksudnya disini, enggak semua komponen bisa kompatible saat akan dipasang misalnya di slot RAM. Atau juga soket CPU yang di mobo ternyata beda dengan prosesor. Jadi, kalian perlu ketahui lebih pasti mengenai hal tersebut.

Misal, kalian ingin membangun PC AMD terbaru, namun mobo yang dipakai ternyata memakai chipset Z690, itu tentu tidak mungkin. Karena Z690 dikhususkan untuk Intel, dan soketnya itu LGA 1700. CPU Intel lama juga enggak bisa dipasang di soket ini.

Jadi, biasanya kunci utama untuk mengecek kompabilitas adalah :

  • Cek dukungan soket yang dibawa motherboard maupun prosesor
  • Cari tau lebih pasti tentang chipset motherboard
  • Dukungan slot memori dan speed yang bisa ditampung juga perlu dicek. DDR4 sama DDR5 tentu enggak bisa dipasang barengan.
  • Kompabilitas CPU Cooler juga perlu di cek
  1. Paham Hal Terpenting Saat Akan Memasang Komponen

Kemudian hal terpenting lain saat akan merakit PC itu paham komponen mana dulu yang perlu dipasang. Karena jika enggak, makin ribet deh saat masang komponen. Tata caranya pun perlu dicek, seperti pemasangan sesuai dengan buku panduan, penempatan seperti posisi fan, storage dan sebagainya.

Biasanya, langkah awal itu memasang prosesor di motherboard, jangan dulu dimasukin ke case. Cek posisi CPU di mobo, liat penempatan pin yang sesuai. RAM dan storage bisa alternatif, yang terpenting bracket buat masang Cooler udah dipasang. Cooler bawaan prosesor biasanya didahulukan buat dipasang, karena itu enggak butuh penyesuaian lagi. Kalo AIO, biasanya braket2 dulu, pastikan juga posisi radiator yang di inginkan.

  1. Jika Sudah mau Jadi, Cek Kabel-Kabel & Rapihkan

Terakhir dan hal terpenting itu cek kembali kabel-kabel, khususnya dari PSU ke komponen lain seperti mobo lewat pin ATX 24 atau EPS konektor buat CPU. Power buat GPU juga perlu di cek kembali. Jika sudah yakin, rapihkan kabel2, entah dibagian komponen atau belakang. Penting sih, karena kabel rapi, estetika makin menarik dan sirkulasi udara makin positif. Jangan lupa juga biasakan tutup casing dengan rapi, biar debu enggak mudah masuk.

Setelah itu kalian bisa mencoba menyalakan PC. Cek bios terlebih dahulu, seperti mengaktifkan XMP dan sebagainya. Cek storage apa kedetect atau enggak. Kemudian Instal deh OS yang kalian inginkan. Semoga ya konten kali ini bisa bermanfaat, meskipun enggak semua kami ungkap sih.

Similar Posts

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
2 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Zaidani
Zaidani
1 year ago

Yang diatas itu list bahan-bahan buat rakit PC kan? Nanti bikinin list alat-alatnya, kayak obeng apa, dan lain-lain 👍🏻🙏🏻

Rendy Adha
Admin
1 year ago
Reply to  Zaidani

ok,Terima kasih masukanya!