|

NVIDIA GeForce RTX 5000 Kabarnya Perkenalkan konektor 16-pin baru

Menurut laporan dari Moore’s Law is Dead, NVIDIA konon sedang menjajaki perubahan lain pada standar konektor daya, menandai perubahan keempat dalam tiga tahun. GPU “Blackwell” seri GeForce RTX 50 yang akan datang diperkirakan akan memperkenalkan konektor 16-pin baru, yang terutama didedikasikan untuk penyaluran daya 12 V, selain pin sinyal.

Cek juga : Mengungkap Perdebatan CPU: Lebih Banyak Core vs Clockspeed Tinggi Untuk Gaming

Langkah ini konon akan mengikuti sejarah terbaru NVIDIA yang sering melakukan perubahan konektor daya. Perjalanannya dimulai dengan penerapan konektor Molex MicroFit 12-pin untuk kartu GeForce RTX 3080 dan RTX 3090 Founders Edition.

Selanjutnya, RTX 3090 Ti menstandarkan konektor 12VHPWR, yang kemudian diperluas ke rangkaian produk “Ada” seri GeForce RTX 40 yang lebih luas, khususnya untuk SKU dengan TGP (Total Graphics Power) melebihi 200 W.

NVIDIA GeForce RTX 5000 Kabarnya Perkenalkan konektor 16-pin baru

Di tengah meningkatnya kekhawatiran atas keandalan konektor 12VHPWR, beberapa kartu mitra seri RTX 40 dilaporkan beralih ke konektor 12V-2×6 yang kompatibel dengan pin namun lebih kokoh. Jika rumor tersebut benar, penerapan konektor 16-pin PCIe Gen 6 dengan seri GeForce RTX 50 akan menandai perubahan konektor daya keempat dalam jangka waktu yang relatif singkat.

Namun, pembaruan dari Hardware Busters meragukan rumor tersebut. Mengutip sumber terpercaya dalam industri power supply, Hardware Busters menyatakan bahwa kisah NVIDIA yang mengadopsi konektor daya baru dengan seri “Blackwell” kemungkinan besar salah. Dengan akses yang sama terhadap spesifikasi PCIe CEM seperti NVIDIA, kurangnya informasi dalam industri pasokan listrik pada tahap ini menunjukkan bahwa perubahan seperti itu tidak mungkin terjadi.

GPU seri GeForce RTX 50 diperkirakan akan debut pada akhir tahun 2024. Jika NVIDIA benar-benar memperkenalkan konektor daya baru, hal ini akan mewakili perkembangan signifikan dalam industri.

Similar Posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments